Kamis, 19 November 2015

MAKALAH
PENGARUH PENERAPAN FORUM PADA MAHASISWA



ANA UBUDIYAH
07151003
TEKNIK SIPIL
TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN



INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN
BALIKPAPAN
2015





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Mahasiswa adalah status yang disandang oleh seseorang karena hubungannya dengan perguruan tinggi yang diharapkan dapat menjadi calon-calon intelektual. Atau bisa juga definisi mahasiswa adalah orang yang menuntut ilmu atau belajar di perguruan tinggi, baik itu di universitas, institut ataupun akademi. Mereka ialah orang-orang yang terdaftar sebagai murid di suatu perguruan tinggi dapat disebut dengan mahasiswa. Secara lebih singkatnya mahasiswa yaitu suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi, universitas, institut ataupun akademi.
Pada dasarnya menjadi mahasiswa adalah pilihan bagi siapapun yang telah lulus menduduki jenjang sekolah menengah atas atau sederajat. Akan tetapi, masih ada  generasi muda Indonesia yang lebih memilih untuk mencari kerja daripada untuk menjadi mahasiswa. Padahal sesungguhnya menjadi mahasiswa memiliki manfaat yang sangat banyak. Baik dari segi akademik maupun dari segi soft skill. Soft skill adalah keterampilan seseorang yang digunakan untuk bekerjasama dengan orang lain.
Ketika menjadi mahasiswa, banyak peran penting yang dapat kita ambil, baik saat pelajaran di kampus maupun pada saat berorganisasi di kampus, atau bahkan pada saat melakukan sosialisasi antar mahasiswa di kampus. Salah satu kegiatan yang umum dilakukan oleh mahasiswa selain belajar adalah melakukan forum. Dimana pada forum itu sendiri akan melatih baik soft skill maupun kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik dan benar.
Forum merupakan sebuah sarana komunikasi untuk sebuah komunitas. sama halnya seperti Social Network yang sedang ramai-ramainya di dunia maya. namun forum lebih berfokus untuk sebuah komunitas besar, dimana didalam forum tersebut terbagi menjadi sub-sub dari forum itu, lebih jelasnya didalam forum tersebut ada pembagian kategori yang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam berinteraksi. atau bisa diartikan sebagai tempat untuk berinteraksi bagi para anggotanya dimana dengan adanya kategori pembahasan di tiap-tiap forum bisa mempermudah para anggota dalam mencari sebuah informasi.
Forum merupakan sebuah sarana komunikasi bagi seluruh mahasiswa baik untuk bertukar inforamasi maupun untuk menyampaikan pendapat mengenai suatu permaalahan. Hal ini menunjukkan bahwa secaratidak langsung forum dapat mebantu mahasiswa untuk memecahkan permasaahan-permasalahan baik yang terjadi dikampus maupun yang terjadi di masyarakat. Dari sudut pandang lain, forum meiliki peran yang sangat penting bagi mahasiswa. Dimana peran tersebut akan dibahas pada makalah ini.

1.2  Rumusan Masalah

1.2.1        Apa peran penting mahasiswa ?
1.2.2        Apa perbedaan antara forum dengan musyawarah?
1.2.3        Bagaimana etika yang berlaku pada saat forum?
1.2.4        Apa manfaat forum ?
1.2.5        Apa pentingnya peran mahasiswa dalam mengikuti forum?

1.3  Tujuan

Makalah ini bertujuan untuk menegetahui manfaat forum bagi mahasiswa. Serta menumbuhkan rasa proaktif dalam mengikuti forum yang diadakan oleh kampus
1.4  Manfaat

Mahasiswa dapat menegetahui manfaat forum, mahasiswa jadi lebih memahami etika pada saat forum, dan mahasiswa dapat mengetahui pentingnya forum bagi individu masing-masing.


BAB II
PEMBAHASAN

Mahasiswa adalah status yang disandang oleh seseorang karena hubungannya dengan perguruan tinggi yang diharapkan dapat menjadi calon-calon intelektual. Atau bisa juga definisi mahasiswa adalah orang yang menuntut ilmu atau belajar di perguruan tinggi, baik itu di universitas, institut ataupun akademi. Mereka ialah orang-orang yang terdaftar sebagai murid di suatu perguruan tinggi dapat disebut dengan mahasiswa. Secara lebih singkatnya mahasiswa yaitu suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi, universitas, institut ataupun akademi.
Mahasiswa memiliki peran dan fungsi. Peran dan fungsi mahasiswa diantaranya adalah sebagai Iron Stock, Agent Of Change, Social Control, dan Moral Force. Dimana pada setiap peran tersebut mahasiswa diharapkan dapat proaktif dalam pembangunan masyarakat. pada umumnya mahasiswa memegang kunci utama dalam perubahan di masyarakat. sehingga mahasiswa dapat menjalankan peran fungsinya sebagaimana mestinya.

Sebagai Iron Stock, mahasiswa itu harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, yang berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini nantinya. Sebagai Agent Of Change, mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan. Maksudnya, jika ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu ternyata salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan yang sesungguhnya. Social Control, mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar (lingkungan masyarakat). Jadi… selain pintar di bidang akademis, mahasiswa harus pintar juga dalam bersosialisasi dengan lingkungan. Moral Force, mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang sudah ada. Jika di lingkungan sekitarnya terjadi hal-hal yang tak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah serta meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam peran dan fungsi mahasiswa, biasanya didukung dengan kegiatan yang positif sehingga mahasiswa dapat menuangkan dan berinspirasi secara bebas dan terbuka. Salah satu kegiatan positif yang diadakan oleh mahasiswa ialah forum. forum adalah sebuah sarana komunikasi untuk sebuah komunitas. sama halnya seperti Social Network yang sedang ramai-ramainya di dunia maya. namun forum lebih berfokus untuk sebuah komunitas besar, dimana didalam forum tersebut terbagi menjadi sub-sub dari forum itu, lebih jelasnya didalam forum tersebut ada pembagian kategori yang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam berinteraksi. atau bisa diartikan sebagai tempat untuk berinteraksi bagi para anggotanya dimana dengan adanya kategori pembahasan di tiap-tiap forum bisa mempermudah para anggota dalam mencari sebuah informasi.

     Pada dasarnya forum dan musyarah memiliki karakteristik yang sama. Perbedaannya adalah forum pada umumnya dilakukan oleh sebuah organisasi atau kelompok untuk menyelesaiakan permasalahan dalam kelompok atau organisasi tersebut. Sedangkan musyawarah ialah kegiatan positif berupa diskusi yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat umum untuk mencapai titk tujuan yang sama. Etika forum dan musyawarah pada umumnya sama akan tetapi etika forum lebih sering dipatuhi karena masih sangat terorganisir, sedangkan etika muasyawarah, masih ada saja oknum yang bersi keras pada pendapatnya hingga melanggar etika dalam bermusyawarah.

     Etika pada saat forum pada umumnya sama, akan tetapi ada saja etika tambahan yang didasari oleh organisasi yang melaksanakan. Pada umumnya etika forum dan etika bermusyawarah sama. Etika forum lebih menekankan pada keberanian dalam menyampaikan pendapat, keluwesan untuk menerima hasil keputusan, menciptakan ide-ide besar dalam forum, dan berukar fikiran serta saling menghargai pendapat satu sama lain.

  Forum sangat bermanfaat baik bagi mahasiswaitu sendiri maupun untuk kampus yang menanunginya. Berikut adalah manfaat forum bagi mahasiswa:
1.      Forum dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa.
2.      Forum dapat memacu terciptanya ide-ide baru
3.      Forum dapat melatih kesabaran
4.      Forum dapat meningkatkan keberanian untuk berpendapat
5.      Forum dapat membantu untuk meningkatkan pola berfikir
6.      Forum dapat membantu untuk lebih kritis dalam berpendapat
7.      Forum dapat melatih dalam bekerjasama
Dan masih banyak lagi manfaat forum yang didapatkan bagi mahasiswa yang proaktif dalam mengikuti serangkaian forum yang diadakan di kampus.

   Maanfaat forum bagi kampus adalah kampus dapat menciptakan mahasiswa yang kritis serta berani berpendapat. Selain itu kampus juga dapat mendapatkan ide-ide baru dari hasil mengadakan forum. Melalui forum kampus dapat menyelesaikan permasalahan internal yang terkait dengan mahasiswa.

  Dengan mengikuti forum serta menerapkan etika yang baik pada saat forum dapat menciptakan mahasiswa yang siap terjun kemasyarakat untuk melakukan pembangunan dan perubahan. Dan dapat dengan mudah menjalankan peran dan fungsinya sebagai mahasiswa.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

            Mahasiswa adalah calon-calon intelektual yang memiliki peran dan fungsi yang harus dijalani. Dimana dalam menjalankan peran dan fungsinya mahasiswa dapat mengikuti kegiatan yang positif seperti forum. dari forum mahasiswa dapat menerima banyak manfaat berupa pegembangan bagi individu masing-masing.

3.2 Saran

            Diharapkan bagi mahasiswa agar dapat proaktif dalam mengikuti kegiata-kegiatan yang bersifat positif dikampus. Seperti forum, serta mengikuti etika yang sudah ditentukan dalam kegiatan tersebut.




DAFTAR PUSTAKA

 

Sora N. 2014. Kenali pengertian Mahasiswa menrut para Ahli. [online] available at : <http://www.pengertianku.net> [Accesed 18 November 2015].
Admin. 2013. Pengenalan forum (pengertian dan fungsi forum). [online] available at : < http://www.engineeringindonesia.org > [Accesed 118 November 2015].






2 komentar:

  1. Hallo Selamat siang,
    Salam hangat, Perkenalkan kami PT Hebros, perusahaan yang bergerak di bidang IT dan Jasa pemasangan serta Maintenance semua kamera CCTV indoor dan Outdoor (sesuai kebutuhan) yang berkantor di Jakarta Timur.
    Website : https://www.hebros.co.id
    Email : support@hebros.co.id

    BalasHapus