Kamis, 15 Agustus 2013



MAKALAH

PENGARUH KENAIKAN HARGA BBM TAHUN 2013
TERHADAP KENAIKAN HARGA BAHAN PANGAN DAN FASILITAS
MASYARAKAT KUTAI TIMUR

OLEH
ANA UBUDIYAH
X IPA C
1466


SMA NEGERI 10 SAMARINDA
2013/2014


KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan segala puji bagi Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini sebagai tugas Riset Project.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini tidak luput dari berbagai hambatan kesulitan. Namun berkat bantuan berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat diselesaikan.  Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik dari berbagai pihak sangat diharapkan demi kesempurnaan tulisan ini, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Akhirnya hanya kepada Allah SWT penulis memohon doa dan magfirah-Nya, semoga dukungan serta bantuan dari semua pihak mendapat pahala yang berlipat ganda disisi Allah SWT dan berharap semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya serta dapat berguna bagi setiap pembaca. Amin.

Penulis




DAFTAR ISI
Kata Pengantar .................................................................................................................  2
Daftar Isi ..........................................................................................................................  3
BAB I      PENDAHULUAN ..........................................................................................  4
A.    Latar Belakang .........................................................................................  4
B.     Rumusan Masalah .....................................................................................  4
C.     Tujuan Penulisan .......................................................................................  6
D.    Manfaat Penulisan ....................................................................................  6
BAB II    PEMBAHASAN  ............................................................................................  7
BAB III   KESIMPULAN DAN SARAN ......................................................................  10
A.       Kesimpulan ...............................................................................................  10
B.       Saran .........................................................................................................  10
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................................  11


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
BBM atau bahab bakar minyak adalah dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak Bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak Bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Setelah itu, minyak Bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan. Minyak Bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia. Karena BBM ini sangat banyak di manfaatkan di kalangan masyarakat sehingga memberikan dampak terhadap kenaikan bahan pangan dan fasilitas masyarakat. Hal ini memotivasi saya untuk meneliti lebih dalam lagi tentang dampak kenaikan harga BBM ini.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.         Bagaimana pengaruh kenaikan harga BBM terhadap kenaikan bahan pangan dan fasilitas masyarakat kutai timur ?
2.         Bagaimana tanggapan masyarakat tentang kenaikan harga BBM?
3.         Apa tindakan yang dilakukan masyarakat akan kenaikan BBM ini?

C.       Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penulisan ini sebagai berikut :
1.         Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kenaikan harga BBM terhadap kenaikan bahan pangan dan fasilitas masyarakat kutai timur?
2.         Untuk mengetahui tanggapan Bagaimana tanggapan masyarakat tentang kenaikan harga BBM?
3.         Untuk  mengetahui Apa tindakan yang dilakukan masyarakat akan kenaikan BBM ini?

D.      Manfaat Penulisan
Manfaat yang diharapkan dari penulisan ini sebagai berikut :
1.      Untuk menyelesaikan tugas Riset Project.
2.      Bagi pemerintah, agar dapat mengontrol dan lebih memahami keadaan masyarakat sekitar.


BAB II
PEMBAHASAN
Penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan menyebar angket untuk diisi responden. Subjek penelitian adalah Masyarakat kutai timur, dengan sampel sejumlah 10 orang siswa.
Tabel 2.1 Hasil Observasi Persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2013
Pertanyaan
Jawaban YA
Jawaban TIDAK
1.      Setuju dengan kenaikan harga BBM?
4
6
2.      Apakah kenaikan ini berpengaruh pada kebutuhan ekonomi ?
10
0
3.      Mengetahui atau tidak kenaikan harga BBM ?
10
0

Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa dari 10 reponden, 4 responden  mengatakan bahwa mereka telah setuju dengan kenaikan harga BBM, dan 6 responden tidak setuju akan kenaikan harga BBM. 10 responden juga mengatakan bahwa kenaikan harga BBM memberikan pengaruh terhadap kebutuhan ekonomi mereka, ke 10 responden telah mengetahui sebelumnya bahwa akan ada kenaikan harga BBM. Beberapa dari mereka mengetahui dari teman, Televisi dan media massa lainnya.
 Tabel 2.2 Hasil Observasi
SUMBER INFORMASI
JUMLAH
Teman
2
Lainnya (TV, BBM, Twitter)
8
JUMLAH
10

Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa dari 10 responden, 2 diantaranya mengatakan bahwa mereka mengetahui kenaikan harga BBM melalui teman, 8 diantaranya, mengetahui kenaikan harga BBM dari Televisi, twitter, dan Blackberry Massanger (BBM). Ini menunjukkan bahwa sebelumnya telah di berikan pemberitahuan akan kenaikan harga BBM.
Tabel 2.3 Hasil Observasi
PERASAAN Masyarakat
JUMLAH
Kecewa
9
Senang
0
Lainnya (Biasa saja)
1
TOTAL
10

Berdasarkan tabel  di atas disimpulkan bahwa dari 10 responden, 9 diantaranya mengatakan merasa kecewa mengetahui harga BBM naik dan 1 lainnya mengatakan merasa biasa saja mengetahui harga BBM naik. Hal ini menunjukkan betapa banyaknya masyarakat yang merasa kecewa akan kenaikan harga BBM.
 Tabel 2.4 Hasil Observasi
TINDAKAN LANJUTAN
JUMLAH
Tetap melakuakn aktivitas seperti biasa
7
Mengotrol pengeluaran
3
Lainnya (berdemo)
0
TOTAL
10

Berdasarkan data dari tabel di atas, menunjukkan bahwa 7 dari 10 responden mengatakan bahwa mereka Tetap melakuakn aktivitas seperti biasa, 3 diantaranya mengatakan bahwa mereka akan Mengotrol pengeluaran. Dari 10 responden, sebagian besar mengatakan bahwa yang bertanggung jawab atas kenaikan harga BBM adalah pemerintah.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.      Kesimpulan
1.          Sebagian besar (60%) masyarakat kutai timur mengatakan tidak setuju akan kenaikan harga BBM, 40% setuju akan kenaikan harga BBM.
2.          Seluruh responden mengatakan kenaikan BBM memberikan pengaruh besar terhadap kebetuhan ekonomi karena kebaikan BBM menyebabkan kenaikan terhadap bahan pokok dan fasilatas lainnya.
3.          Kenaikan harga BBM sebelumnya telah di informasikan lewat media massa
B.       Saran
Agar pemerintah memperbaiki system dan perencanaan agar tidak merugikan berbagai kalangan masyarakat.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.tribunnews.com/2013/07/03/sopir-pertamina-mogok-distribusi-bbm-pantura-terlambat kompas.com, Kontributor Tana Luwu, Husain | Senin, 15 April 2013 | 17:11 WIB
kaltimpost.co.id,  3 juli 2013 - 09:09:05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar